Headlines

Jumat, 09 November 2012

Unknown

Konser Jazz Karsu Dönmez



Erasmus Huis. Menyebut nama ini orang pasti langsung menghubungkan dengan Kedutaan Besar Belanda, karena tempat ini berada dalam satu lokasi dengan keduataan Belanda. Wo ko tiba – tiba seorang Andreas Soge berbicara tentang Erasmus Huis? Ada apa gerangan? Apa sudah naik status sehingga mengunjungi Erasmus Huis? Pertanyaan seperti ini dengan sendiri hilang dengan membaca catatan kecil ini.

Pada hari Selasa 6 November 2012 sahabat saya Zely Ariane mengundang saya lewat media jejaring sosial Facebook untuk hadir menyaksikan/menonton Konser music Jazz Karsu Dönmez. Berikut sedikit biodata sang Bintang:

Karsu Dönmez adalah seorang multi-talenta, dia bukan hanya seorang penyanyi, tapi juga seorang pianis berbakat, komposer, penata musik dan penulis lirik. Perempuan Belanda berusia 20 tahun yang lahir dari orang tua Turki sudah pernah tampil pada banyak panggung lokal dan internasional, seperti Concertgebouw Amsterdam, North Sea Jazz Festival dan dua kali di Carnegie Hall yang legendaris di New York. Karena kecantikannya, suaranya yang indah dan permainan piano yang luar biasa, Karsu Dönmez dianggap mempunyai bakat musik yang besar. Bakat muda yang satu ini mampu memikat semua orang. Sebagaimana yang dikatakan oleh salah seorang fansnya setelah suatu konser: “Dia tidak hanya bermain music, music adalah nafasnya.”

Secara pribadi saya yang awam dalam soal music karena hanya sebagai penikmat mengamini apa yang ditulis dalam biodata singkat sang Bintang diatas. Penampilan dibuka oleh musisi pembuka asal Indonesia, dengan tiga lagu berwarna Jazz dan memang sangat bagus penampilan mereka sayangnya nama group ini luput dari pengetahuan kami semua yang menonton kecuali penyelenggara tentunya. Ketidak tahuan kami akan group pembuka konser ini terobati ketika dalam sebuah lagu dari konser itu Karsu Dormez sempat memanggil sang penyanyi group ini untuk berduet dengannya sehingga kami tahu nama penyanyi group itu adalah Tika. Penampilan Tika malam ini juga tidak kala bagusnya dengan Bintang utama.


Performance Karsu Dormez malam ini memang bisa dikatakan luar biasa walau ada bebarapa lagu yang menguras energy penonton untuk memahami karena dibawakan dalam irama Jazz Timor tengah, ini mungkin bisa dimaklumi karena sang Bintang terlahir dari orangtua berkebangsaan Turki. Menariknya bahwa semua pemain musiknya mengenakan Batik. Dari cerita yang disampaikan Karsu Dormez saat berkomunikasi dengan penonton batik – batik itu dibeli dari Plasa Ambasador.

Kemeriahan malam ini semakin lengkap ketika setelah menyanyikan lagu yang mungkin oleh Penyelenggara dianggap sebagai lagu penutup sehingga begitu selesai lagu itu dibawakan penyelenggara sesegerah itu juga naik ke pentas guna memberikan soufenir buat Karsu dan para pengiring musiknya. Setelah menerima soufenir sang Bintang dan pengiring musiknya sempat meninggalkan panggung namun sebelum penonton beranjak dari tempat duduknya masing – masing, Karsu dan pengiring musiknya kembali ke panggung dan penonton dikejutkan dengan ajakan Karsu untuk menyanyikan lagu Ondel – ondel sebuah lagu betawi. Performance Karsu Dormez malam itu ditutup dengan sebuah kagu teramat indah. Perfomance yang luar biasa ini ternyata dinikmati Free alias gratis. Terima kasih Erasmus Huis.

Cipinang Kebembem Raya, 9 November 2012


Andreas Soge





Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.